Pemanfaatan Teknologi dalam Bidang Pendidikan

      Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pemanfaatan secara umum dan pemanfaatan secara khusus (spesifik)
A. Pemanfaatan secara umum :
1. Akses keperpustakaan
2. Akses kepakar
3. Melaksanakan kuliah secara online
4. Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan
5. Menyediakan fasilitas mesin pencari data
6. Menyediakan fasilitas diskusi
7. Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah
8. Menyediakan fasilitas kerjasama.

B. Pemanfaatan secara khusus (spesifik) yaitu:
1. Teknologi sebagai skill dan kompetensi. Maksudnya, penggunaan teknologi harus bisa masuk kesemua lapisan masyarakat akan tetapi sesuai dengan porsinya masing-masing.
a. Setiap pemangku kepentingan harus memiliki kompetensi dan keahlian menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan.
b. Informasi merupakan “bahan mentah” dari pengetahuan yang harus diolah melalui proses pembelajaran.
c. Belajar mengenai bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien bagi pengajar, peserta didik dan stakeholder.
d. Belajar adalah proses seumur hidup yang berlaku bagi individu atau manusia.

2. Teknologi sebagai infrastruktur pembelajaran
a. Tersedianya bahan ajar dalam format digital.
b. The network is school
c. Belajar dimana saja dan kapan saja

3. Teknologi sebagai sumber bahan belajar
a. Ilmu berkembang dengan cepat
b. Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia
c. Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
d. Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
e. Tanpa teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama.

4.Teknologi sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
a. Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
b. Memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
c. Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
d. Akuisisi pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru
e. Rasio antara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian fasilitas

5. Teknologi sebagai pendudkung manajemen pembelajaran
a. Tiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
b. Transaksi dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office yang kuat
c. Kualitas layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
d. Orang merupakan sumber daya yang bernilai

6. Teknologi sebagai sistem pendukung keputusan
a. Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
b. Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu
c. Profil institusi  pendidikan diketahui oleh pemerintah.

DAFTAR PUSTAKA
Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)
Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Posted by: nadiafa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase-fase Perkembangan Anak Usia SD

Proses Pengembangan Kurikulum

Pendekatan Pembelajaran IPA SD/MI